Minggu, 11 Agustus 2013

Pelajaran Dalam Bulan Ramadhan

SATU
Gue mulai melakukan aktivitas spesial gue untuk bulan ini: Program pengurusan badan. Schedule gue benar-benar padat, kalau ada yang ngajak main gue tolak, ngajak belajar gue tolak, kalau ngajak lunch sih gue ikut. Schedule gue adalah.
-Sahur.
-Mandi.
-Pake baju.
-Lari ke sekolah.
-Thawaf di sekolah( Kadang berhenti buat lempar jumrah ke guru). Karena gue ngak ada kerjaan di sekolah, buat apa belajar? Buku aja ngak punya, pulsa aja abis buat ngetweet yang ngak penting dan gue ngak bawa laptop, yang gue bawa cuma CPUnya doang. Yang gue bisa cuma duduk di bangku menunggu guru lengah dan kabur dari kelas untuk thawaf, pas ketemu guru tinggal lempar jumrah aja udah itu gue dikerangkeng di ruang BK.
'ga, temenin gue dong.' Tanya si Santosa temen sebangku gue.
'Temenin kemana? gue males nge-date ama lu ah.'
'Ih, ini kan hari senin, aku maunya hari Sabtu buat nge-date.'
'Emang lu mau kemana sampe mau ditemenin gue? Rumah kentang? Rumah gurita? Rumah cumi? Rumah julung-julung? Rumah ikan pesut atau apa?'
'Temenin gue ke WC dong plis.'
BUSET! Gue pikir dia bakal ngajak gue ke dimensi lain atau apa, gue merasa gue akan dinodai oleh Santosa, gue membayangkan di WC nanti dia membuka seragamnya dan menari erotis sampai gue kelapakan. Jika tidak begitu, mungkin dia belum bisa cebok sendiri, makannya dia minta gue temenin dia untung menceboki dia.
'Ogah ah.' Jawab gue.
'Oh yaudah.'
'...'
Gue teringat kalau duduk itu di kursi bukan di bangku, gue langsung turun dan duduk di kursi gue. Gue juga rada nyesel kenapa gue tolak ajakan si Santosa? Padahal gue bisa thawaf lebih cepat dari jadwal biasanya kan?
Gue memang bego.
-Pulang.
-Tidur.
-Ngabuburit di pasar rakyat. Gue biasanya olahraga disini. Yo'i gue suka olahraga disana dengan instruktur gue yang benar-benar hebat! Dia itu sangat jago dalam lari, dia juga kuat, dan makannya sayur doang. Dia adalah Delman.
Jangan salah, delman ini adalah makhluyk ciptaan tuha yang cepat larinya, kuat dicmbuk, dan kuat berlari dengan beban kereta kayu yang dinaiki 10 pantat manusia(kalau "ekor" buat hewan), makannya aja rumput.  namun, sayangnya guru gue ini ngak tau apa fungsi WC, boker aja dimana-mana. Kadang gue harus ngebersihin tokainya karena gue kalah sparring sama dia.
Gue sering latihan sparring, lari, main kiw-kiw, main barbie, dll dan ujung-ujungnya ngebersihin tokai dia.
-Buka puasa dengan brutal.
-Tidur.
-Balik ke step 1.

Tapi, dari semua schedule gue yangsangat ketat ini, gue menemukan banyak pelajaran yang berharga sekali seperti, jangan tolak ajakan temen ke WC belum tentu dia bakal nodain lu dan jangan coba-coba nantangin delman olahraga ujung-ujungnya ketemu tokainya dia.


DUA
Kita tahu kalau di bulan Ramadhan ada yang namanya tabligh akbar. Di sekolah gue semua siswa/siswinya di wajibkan untuk mengikuti tabligh akbar sekolah yang diisi oleh ceramah dari guru-guru gue dan harus dicatat untuk nilai sekolah. Andaikan catatan bisa menolong kelulusan, pasti kelulusan bakal 100% di Indonesia, kalau UN jelek pun kita tinggal tunjukin catatan bahan bacotan guru dan pengawas, pasti dikasih tambahan karena guru merasa spesial karena setiap omongannya di catat oleh kita. Kalau tetep ngak lulus minimal lu bisa jadian sama gurulu lah.

Namun, anehnya adalah, tabligh akbar sekolah gue agak sedikit ngak kondusif. Suasana menjadi berisik karena temen-temen gue yang suka ngobrol dibelakang, gue duduk didepan biar terkesan cool, jenius dan kelihatan caper sama guru. Tak heran banyak guru yang stress atau marah/marah saat tabligh akbar karena kegaduhan itu. Jelas saja suasana yang diharapkan kondusif seketika berubah menjadi pasar minggu kena wabah penyakit kurap stadium 4. Seandainya gue yang jadi penceramah, mungkin gue cuma lempar petasan atau granat ke arah mereka supaya mereka tidak berisik lagi.
Penah juga ada percekcokan antara salah satu siswa dengan guru gue yang sedang berceramah. Mereka terus adu mulut( bukan ciuman ya) sampai bel tanda selesai berdering. Jadi kerjaan siswa yang lain cuma nonton doang, ada yang tiduran, ada yang ngerekam, ada yang jualan pop corn, dll.

Gue belajar sesuatu kalau lagi ada yang bicara jangan diganggu, kalau diganggupun pasti bakal lama sampai ada yang jualan pop corn di bulan puasa.


TIGA
Kebiasaan gue yang suka makan banyak saat sahur dan buka membuat gue sembelit.
Tiap hari kerjaannya hanya mau ke WC, sepertinya pantat gue pacaran sama toilet-toilet yang ada di WC manapun, makanya dia apelin mereka setiap hari. Aduh, pantat gue aja playboy  tapi gue sendiri masih jomblo.

Gue menderita penyakit ini seminggu penuh. Gue ngak berani minum obat sembelit karena obat yang bisa dimakan kapanpun cuma panadol. Aduh, kenapa ngak ada iklan obat sembelit yang pakai tackline itu sih? Gue kan takut overdosis gara-gara minum tuh obat di waktu yang tidak tepat.
Gue sedang duduk di kursi meratapi penyakit ini.'Aa kenapa?' Tanya mama gue yang tiba-tiba ada disebelah gue.
'Aa sembelit ma.'
'Bagus!' Mama gue girang.
Gue mulai kesel. 'Kok mama seneng sih? Harusnya sedih dong anaknya sakit. Dasar ibu durhaka.'Heh, bagus kali kalau aa sembelit. Rumah kita bakal aman dari gas mematikan itu. Pertahankan sembelitnya ya!' Kata mama gue tersenyum sambil mengacungkan jempol ke gue.
'...'

Keesokan harinya, gue udah ngak kuat dengan kutukan ini. Gue langsung menuju WC dan berusaha ngeden sengeden-ngedennya dan'proooooooooooooooooooooooot' Gue berhasil sembuh dari kutukan gue ini! Namun setelah gue  keluar dari WC, kenapa semua anggota keluarga gue tidur di lantai?

Gue juga belajar sesuatu kalau habis sembelit jangan pernah menyembuhkannya di WC rumah, harusnya gue ikutin kebiasaan guru delman gue.


EMPAT
Saat gue mencari baju lebaran, gue terpikir 1 hal. Kenapa orang-orang beli baju baru saat pra Lebaran? Padahal belum tentu uang mereka akan digantikan dari hasil perasan mereka pada kerabat terdekat(baca: THR)? Atau apa mereka menjadikan hari Lebaran sebagai hari pamer baju baru? Lebaran kan hari dimana umatnya menyucikan diri dari dosa.
Dari banyak rak baju yang gue lihat tidak ada yang pas, ada yang cuma nyampe dada atas, dada bawah, jeroan sama hati.
'Aa mau T-Shirt yang mana?' Tanya mama gue.
'Yang ini.' Kata gue sambil menunjuk T-Shirt warna putih.
'Tapi kayaknya ngak cocok a.'
'Kenapa? Gara-gara aa item?'
'Bukan, kayaknya ngak muat.'
'Ya dicoba dulu dong ma.'
'Jangan!'
'Kenapa?'
'Aa kan belum mandi 3 hari, ntar kalau ngak muat, T-Shirtnya ngak laku gara-gara memiliki aroma khas bintang.'
'Bener juga.'
Akhirnya gue pasrah aja. Gue pasrah sama pilihan mama gue. gue dikasih sendal, jeans dan kameja yang sama kayak ade gue.Gue dipilihin kameja yang mirip ade gue karena ukurannya pas banget sama gue, padahal ukurannya XXL. Biasanya gue XXXL tapi sekarang turun.
Gimana kalau gue dikira freak sama temen-temen gue gara-gara baju baru gue mirip sama baju baru adik gue? Ntar image gue sebagai cowok yang fhasionable retak lagi.
'Kok sama ma?'
'Ini ukurannya pas sama aa.'
'Pasti ada alasan lain.'
'Iya, kalau beli 2 diskon 50%.. Lagipula, ade juga suka sama kamejha ini, udah sabar aja ntar mama bedain.'
'Gimana?' Tanya gue penasaran.
'Ntar mama tempelin stiker baju deh.'
'Yang Sailor Moon ya.'
'Terserah.'
Gue langsung terima dibeliin tuh kameja.

Sepulang dari mall, gue langsung coba stelan gue. Dan hasilnya...KEREN BANGET!!! Ternyata walaupun baju yang kita anggap jelek itu dapat terlihat baik jika dikombinasikan dengan unsur lain seperti jeans dan sendal yang dibeliin mama. Kata mama dan nenek gue, gue terlihat ganteng. Namun temen dan gebetan gue reaksinya cuma diam menandakan mereka ngak peduli, gue ngak berani nanyain pendapat mereka tentang setelan baru gue poasti jawaban mereka cuma "Who care?"
Namun gue menemukan pelajaran berharga yaitu: Kalau mau lebaran usahakan mandi dulu, biar bisa dicobain.



Dari bulan puasa tahun ini, gue mendapat banyak pelajaran dan pengalaman. Seperti jangan meremehkan delman, jangan adu mulut sama guru yang lagi ceramah, cara mengobati sembelit yang tepat bahkan tentang nilai sebuah baju untuk Lebaran! Puasa tahun ini benar-benar membuka mata bahwa Ramadhan itu bukan bulan yang membosankan malahan menarik. Kini gue menyukai bulan Ramadhan dan gue berharap tahun depan gue bisa merasakan Ramadhan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar